Senin, 01 Februari 2016

KARYA ILMIAH



BAB I. PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Buku merupakan kumpulan kertas di mana di dalamnya terdapat banyak sekali sumber bacaan yang sangat bermanfaat bagi para pelajar. Apa lagi dizaman sekarang ini, dizaman yang sudah maju disegala bidang akan lebih menuntut siswa untuk berfikir secara maju dan menitik beratkan unsure logikanya. Kita semua di sini tau di lingkup sekolah bukan hanya materi yang diberikan guru di dalam kelas saja yang harus kita perhatikan, tetapi masih banyak pengetahuan – pengetahuan yang masih menunggu kita dan di lingkup sekolah satu – satunya pemecahan masalahnya hanya mambaca berbagai sumber – sumber bacaan di perpustakaan. Baik berupa bacaan bersifat fiksi maupun bersifat akademik.
Akan tetapi, seperti yang kita lihat saat ini minat baca siswa di perpustakaan sangatlah menurun. Kebanyakan siswa mengeluhkan salah satu penyebab penurunan ini adalah kurang terjaminnya fasilitas yang tersedia di perpuatakaan menbuat siswa tidak nyaman untuk membaca di perpustakaan. Selain itu, jumlah buku yang tersedia di perpustakaan dirasakan kurang, siswa yang berharap dapat mendapat tambahan materi dengan megunjungi perpus terpaksa kecewa karena kurangnya ketersediaan buku – buku yang ada. Hal tersebut membuat siswa sukar untuk pergi lagi ke perpustakaan. Terlebih dengan adanya fasilitas internet pada zaman yang serba maju ini. Siswa banyak yang lebih memilih menyisihkan uang jajan mereka untuk ke warnet dan mencari materi tambahan dengan membuka internet.


Dengan akses internet yang sangat mudah digunakan dengan ditambah lebih lengkapnya informasi yang bisa didapat siswa dibandingkan dengan mencari buku – buku di perpustakaan menambah daftar rentetan kejenuhan siswa terhadap perpustakaan sekolah.
Dengan demikian berkurangnya jumlah siswa yang berminat untuk berkunjung dan membaca buku di perpustakaan akankah akan tetap kita biarkan menjadi adat setiap tahunnya, lalu apakah yang akan terjadi pada perpustakaan sekolah dan bila semua ini tidak ada peningkatan akankah perpustakaan sekolah dapat berfungsi sebagaimana mestinya???














B. IDENTIFIKASI MASALAH
            Dengan semakin berkurangnya jumlah siswa yang berminat membaca di perpustakaan, maka fungsi dibangunnya perpustakaan ini sudahlah tidak berjalah sesuai misi dan visi sebagaiman mestinya, karena siswa tidak lagi paham, bahkan tidak peduli lagi akan peran perpustakaan di sekolah. Lalu dengan demikian sebab penurunan minat baca siswa dapat didefinisikan sebagai berikut:
        Apakah sebenarnya penyebab siswa cenderung malas ke perpustakaan?
        Mengapa para siswa lebih cenderung memilih mencari informasi melalui internaet dibanding mencari sendiri di buku yang tersedia di perpustakaan?
        Bagaimana menumbuhkan kembali minat baca siswa di perpustakaan?
        Bagaimanakah menarik jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan agar meningkat ditahun – tahun berikunya?


C. RUMUSAN TUJUAN
        Membuat agar para siswa dapat memahami tentang peran perpustakaan.
        Membuat para siswa agar mau lebih aktif dalam mencari informasi dari keterbatasan buku yang tersedia.
        Mengingatkan kepada siswa agar tidak selalu bergantung pada teknologi tanpa mau memanfaatkan otaknya untuk berfikir dan mencari informasi bukan hanya secara instan.
        Meningkatkan kepedulian siswa tentang keadaan yang ada di perpustakaan agar perpustakaan dapat lebih nyaman digunakan.

BAB II. PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN  PERPUSTAKAAN
          Perpustakaan adalah suatu tempat yang sangat identik dengan buku – buku bacaan baik fiksi maupun non fiksi. Perpustakaan juga merupakan tempat di mana siswa bias mendapatkan tunjangan materi pelajaran. Perpustakaan sering disebut wadah yang mampu mencetak siswa – siswa berprestasi, karena dengan adanya perputakaan siswa dapat mebcari pelajaran yang tidak diketahui para siswa dan hanya di perpusatakaan disediakan berbagai jenis buku dari tahun – tahun yang sudah lampau hingga buku – buku ajaran baru.
Oleh karena itu, perpustakaan sering disebut salah satu komponen yang sangat penting yang harus tersedia diberbagai sekolahan, dikarenakan  banyaknya manfaat perpustakaan bagi para murid – murid di sekolah. Oleh karena itu perpustakaan sering disebut gudangnya ilmu.



B. KEGUNAAN PENELITIAN
        Memberikan pemahaman kepada siswa akan peran perpustakaan sekolah.
        Memotivasi siswa untuk mengunjungi perpustakaan.
        Memberikan jalan keluar bagi para siswa untuk meningkatkan minat membaca.
        Memberikan masukan kepada petugas perpustakaan untuk dapat membicarakan permasalahan kekurangan buku di perpustakaan.



C. PENYEBAB KURANGNYA MINAT BACA SISWA
        Fasilitas yang tersedia masih jauh dari harapan siswa dan membuat siswa tidak nyaman berada di perpustakaan.
        Buku – buku yang tersedia tidak begitu lengkap.
        Buku di perpustakaan belum dapat menjawab permasalahan siswa.
        Fasilitas internet yang dirasakan lebih mudah mempengaruhi siswa untuk lebih memilih internet dibanding mencari di perpustakaan yang tidak lengkap.



D. AKIBAT KURANGNYA MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN
          Penyebab kurangnya minat membaca siswa berdampak pada jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan. Dari tahun ketahun jumlah siswa yang berkunjung semakin sedikit. Dari mulai alasannya bahwa tempatnya yang tidak nyaman, kurang lengkap buku dan tak kalah pentingnya sekarang siswa sudah banyak dipengaruhi oleh lengkap dan mudahnya menggunakan jaringan internet. Yang saat ini berdampak pada malasnya siswa untuk menggunakan otaknya mencari membalik – balik halaman buku demi mendapatkan sebuah informasi yang mereka butuhkan, belum lagi terkadang buku – buku yang ada tidak satupun dapat menjawab pertanyaan mereka. Mereka menjadi sangat enggan untuk meluangkan waktu mereka untuk ke perpustakaan. Para siswa memilih mencarinya diinternet.
Itulah penyebab berkurangnya jumlah pengunjung perpustakaan. Kami telah melakukan penelitian dan ditemukan jumlah siswa yang berkunjung di perpustakaan perharinya adalah sebagai berikut:

Kelas VII = 36 siswa
Kelas VIII = 20 siswa
Kelas IX = 80 siswa



No.
Hari/Tanggal
Kelas
Jumlah siswa
VII
VIII
IX
1
Selasa, 18/01/11
5
10
21
36
2
Rabu, 19/01/11
10
4
22
36
3
Senin, 24/01/11
5
2
25
32
4
Selasa, 25/01/11
10
4
12
26


Setelah dilakukan observasi didapat data sebagaimana yang tertera di dalam table tersebuat dan setelah dipresentasekan menunjukkan angka sebagaimana di dalam diagram. Ternyata pada saat dilakukan observasi tidak bias didpat data yang berurutan hari dan tanggalnya disebabkan karena petugas perpustakaan kurang aktif dalam membuka perpustakaan.
Siswa juga mengeluhkan kurang aktifnya petugas untuk membuka perpustakaan dirasakan sangat mengecewakan siswa yang ingin pergi ke perpustakaan. Karena mereka terpaksa mengurungkan niat mereka disebabkan perpustakaan yang tidak dibuka.
E. PENANGGULANGAN
Masalah – masalah yang timbul di atas pasti memiliki jalan keluar, jalan keluar tersebut dapat diperinci sebagai berikut:
        Menambah fasilitas yang dapat menambah kenyamanan para pengunjung
        Menyediakan lebih banyak buku yang bervariasi dan isinya lengkap agar para siswa tidak jenuh dan kecewa bila pergi ke perpustakaan
        Lebih aktif membuka perpustakaan
        Menumbuhkan minat baca siswa dengan member pengertian mengenai fungsi dan manfaat perpustakaan

F. PERAN SEKOLAH
            Dalam upaya meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan, sekolah harus mempunyai peran di dalamnya di antaranya:
        Aktif dalam menanggapi keluhan siswa mengenai keadaan perpustakaan.
        Kepada perangkat sekolah untuk melakukan penyuluhan secara langsung tentang fungsi dan manfaat perpustakaan bagi kegiatan belajar siswa.
        Melakukan kunjungan rutin setiap minggunya untuk melihat kondisi dan banyaknya jumlah siswa yang mengunjungi perpustakaan.


G. PERAN SISWA
            Selain peran dari sekolah dalam upaya penanggulangan minat baca siswa di perpustakaan. Siswa juga harus mempunyai peran di dalamnya. Siswa diharapkan agar dapat memberikan aspirasinya serta berbagai tindakan yang bernilai positif. Peran yang haru siswa lakukan di antaranya:
        Siswa harus memperhatikan keberlangsungan perpustakaan dimasa mendatang.
        Siswa ikut andil dalam menjaga fasilitas demi kenyamanan bersama.
        Siswa diupayakan untuk aktif mencari materi penunjang di perpustakaan.
        Siswa hendaknya lebih peduli perihal keadaan perpustakaan yang semakin lama semakin berkurang pengunjungnya.









BAB. III PENUTUP
A. SIMPULAN
Seperti yang telah dijelaskan di atas berbagai masalah yang menyebabkan kurangnya minat membaca para siswa. Maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.
        Penyebab dari kurangnya minat baca siswa adalah kurangnya jumlah buku yang tersedia di perpustakaan
        Buku yang tersedia di perpustakaan kurng lengkap jadi siswa malas mencari materi penunjang di perputakaan
        Kenyamanan yang ada di perpustakaan dirasakan masih kurang dari harapan siswa
        Kurang aktifnya petugas perpustakaan dalam perihal membuka perpustakaan sehingga menyebabkan kekecewaan siswa.

B. SARAN
            Setelah ditemukan berbagai permasalahan di bab – bab sebelumnya dapat disarankan kepada para siswa dan sekolah untuk
        Sekolah hendaknya menambah jumlah buku di perpustakaan yang lebih lengkap
        Siswa harus ikut andil dalam menjaga fasilitas perpustakaan
        Petugas perpustakaan hendaknya lebih aktif membuka perpustakaan
        Agar siswa lebih memahami fungsi dan manfaat perpustakaan bagi mereka

DAFTAR PUSTAKA
.2006.Pelangi pendidikan.Jakarta:depdiknas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar