BAB
I. PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Buku
merupakan kumpulan kertas di mana di dalamnya terdapat banyak sekali sumber
bacaan yang sangat bermanfaat bagi para pelajar. Apa lagi dizaman sekarang ini,
dizaman yang sudah maju disegala bidang akan lebih menuntut siswa untuk
berfikir secara maju dan menitik beratkan unsure logikanya. Kita semua di sini
tau di lingkup sekolah bukan hanya materi yang diberikan guru di dalam kelas
saja yang harus kita perhatikan, tetapi masih banyak pengetahuan – pengetahuan yang
masih menunggu kita dan di lingkup sekolah satu – satunya pemecahan masalahnya
hanya mambaca berbagai sumber – sumber bacaan di perpustakaan. Baik berupa
bacaan bersifat fiksi maupun bersifat akademik.
Akan
tetapi, seperti yang kita lihat saat ini minat baca siswa di perpustakaan
sangatlah menurun. Kebanyakan siswa mengeluhkan salah satu penyebab penurunan
ini adalah kurang terjaminnya fasilitas yang tersedia di perpuatakaan menbuat
siswa tidak nyaman untuk membaca di perpustakaan. Selain itu, jumlah buku yang
tersedia di perpustakaan dirasakan kurang, siswa yang berharap dapat mendapat
tambahan materi dengan megunjungi perpus terpaksa kecewa karena kurangnya
ketersediaan buku – buku yang ada. Hal tersebut membuat siswa sukar untuk pergi
lagi ke perpustakaan. Terlebih dengan adanya fasilitas internet pada zaman yang
serba maju ini. Siswa banyak yang lebih memilih menyisihkan uang jajan mereka
untuk ke warnet dan mencari materi tambahan dengan membuka internet.
Dengan
akses internet yang sangat mudah digunakan dengan ditambah lebih lengkapnya
informasi yang bisa didapat siswa dibandingkan dengan mencari buku – buku di
perpustakaan menambah daftar rentetan kejenuhan siswa terhadap perpustakaan
sekolah.
Dengan
demikian berkurangnya jumlah siswa yang berminat untuk berkunjung dan membaca
buku di perpustakaan akankah akan tetap kita biarkan menjadi adat setiap
tahunnya, lalu apakah yang akan terjadi pada perpustakaan sekolah dan bila
semua ini tidak ada peningkatan akankah perpustakaan sekolah dapat berfungsi
sebagaimana mestinya???
B.
IDENTIFIKASI MASALAH
Dengan
semakin berkurangnya jumlah siswa yang berminat membaca di perpustakaan, maka
fungsi dibangunnya perpustakaan ini sudahlah tidak berjalah sesuai misi dan
visi sebagaiman mestinya, karena siswa tidak lagi paham, bahkan tidak peduli
lagi akan peran perpustakaan di sekolah. Lalu dengan demikian sebab penurunan
minat baca siswa dapat didefinisikan sebagai berikut:
–
Apakah sebenarnya
penyebab siswa cenderung malas ke perpustakaan?
–
Mengapa para siswa lebih
cenderung memilih mencari informasi melalui internaet dibanding mencari sendiri
di buku yang tersedia di perpustakaan?
–
Bagaimana menumbuhkan
kembali minat baca siswa di perpustakaan?
–
Bagaimanakah menarik
jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan agar meningkat ditahun – tahun
berikunya?
C. RUMUSAN TUJUAN
–
Membuat agar para siswa
dapat memahami tentang peran perpustakaan.
–
Membuat para siswa agar
mau lebih aktif dalam mencari informasi dari keterbatasan buku yang tersedia.
–
Mengingatkan kepada
siswa agar tidak selalu bergantung pada teknologi tanpa mau memanfaatkan
otaknya untuk berfikir dan mencari informasi bukan hanya secara instan.
–
Meningkatkan kepedulian
siswa tentang keadaan yang ada di perpustakaan agar perpustakaan dapat lebih
nyaman digunakan.
BAB
II. PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
PERPUSTAKAAN
Perpustakaan
adalah suatu tempat yang sangat identik dengan buku – buku bacaan baik fiksi
maupun non fiksi. Perpustakaan juga merupakan tempat di mana siswa bias
mendapatkan tunjangan materi pelajaran. Perpustakaan sering disebut wadah yang
mampu mencetak siswa – siswa berprestasi, karena dengan adanya perputakaan
siswa dapat mebcari pelajaran yang tidak diketahui para siswa dan hanya di
perpusatakaan disediakan berbagai jenis buku dari tahun – tahun yang sudah
lampau hingga buku – buku ajaran baru.
Oleh karena itu, perpustakaan sering disebut salah
satu komponen yang sangat penting yang harus tersedia diberbagai sekolahan,
dikarenakan banyaknya manfaat
perpustakaan bagi para murid – murid di sekolah. Oleh karena itu perpustakaan
sering disebut gudangnya ilmu.
B. KEGUNAAN PENELITIAN
–
Memberikan pemahaman
kepada siswa akan peran perpustakaan sekolah.
–
Memotivasi siswa untuk mengunjungi
perpustakaan.
–
Memberikan jalan keluar
bagi para siswa untuk meningkatkan minat membaca.
–
Memberikan masukan
kepada petugas perpustakaan untuk dapat membicarakan permasalahan kekurangan
buku di perpustakaan.
C. PENYEBAB KURANGNYA MINAT BACA SISWA
–
Fasilitas yang tersedia
masih jauh dari harapan siswa dan membuat siswa tidak nyaman berada di
perpustakaan.
–
Buku – buku yang
tersedia tidak begitu lengkap.
–
Buku di perpustakaan
belum dapat menjawab permasalahan siswa.
–
Fasilitas internet yang
dirasakan lebih mudah mempengaruhi siswa untuk lebih memilih internet dibanding
mencari di perpustakaan yang tidak lengkap.
D. AKIBAT KURANGNYA MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN
Penyebab
kurangnya minat membaca siswa berdampak pada jumlah siswa yang berkunjung ke
perpustakaan. Dari tahun ketahun jumlah siswa yang berkunjung semakin sedikit.
Dari mulai alasannya bahwa tempatnya yang tidak nyaman, kurang lengkap buku dan
tak kalah pentingnya sekarang siswa sudah banyak dipengaruhi oleh lengkap dan
mudahnya menggunakan jaringan internet. Yang saat ini berdampak pada malasnya
siswa untuk menggunakan otaknya mencari membalik – balik halaman buku demi
mendapatkan sebuah informasi yang mereka butuhkan, belum lagi terkadang buku –
buku yang ada tidak satupun dapat menjawab pertanyaan mereka. Mereka menjadi
sangat enggan untuk meluangkan waktu mereka untuk ke perpustakaan. Para siswa
memilih mencarinya diinternet.
Itulah penyebab berkurangnya jumlah pengunjung
perpustakaan. Kami telah melakukan penelitian dan ditemukan jumlah siswa yang
berkunjung di perpustakaan perharinya adalah sebagai berikut:

Kelas
VII = 36 siswa
Kelas
VIII = 20 siswa
Kelas
IX = 80 siswa
No.
|
Hari/Tanggal
|
Kelas
|
Jumlah
siswa
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|||
1
|
Selasa,
18/01/11
|
5
|
10
|
21
|
36
|
2
|
Rabu,
19/01/11
|
10
|
4
|
22
|
36
|
3
|
Senin,
24/01/11
|
5
|
2
|
25
|
32
|
4
|
Selasa,
25/01/11
|
10
|
4
|
12
|
26
|
Setelah dilakukan observasi didapat data
sebagaimana yang tertera di dalam table tersebuat dan setelah dipresentasekan
menunjukkan angka sebagaimana di dalam diagram. Ternyata pada saat dilakukan
observasi tidak bias didpat data yang berurutan hari dan tanggalnya disebabkan
karena petugas perpustakaan kurang aktif dalam membuka perpustakaan.
Siswa juga mengeluhkan kurang aktifnya
petugas untuk membuka perpustakaan dirasakan sangat mengecewakan siswa yang
ingin pergi ke perpustakaan. Karena mereka terpaksa mengurungkan niat mereka disebabkan
perpustakaan yang tidak dibuka.
E. PENANGGULANGAN
Masalah – masalah yang timbul di atas
pasti memiliki jalan keluar, jalan keluar tersebut dapat diperinci sebagai
berikut:
–
Menambah fasilitas yang
dapat menambah kenyamanan para pengunjung
–
Menyediakan lebih
banyak buku yang bervariasi dan isinya lengkap agar para siswa tidak jenuh dan
kecewa bila pergi ke perpustakaan
–
Lebih aktif membuka
perpustakaan
–
Menumbuhkan minat baca
siswa dengan member pengertian mengenai fungsi dan manfaat perpustakaan
F. PERAN SEKOLAH
Dalam
upaya meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan, sekolah harus mempunyai
peran di dalamnya di antaranya:
–
Aktif dalam menanggapi
keluhan siswa mengenai keadaan perpustakaan.
–
Kepada perangkat
sekolah untuk melakukan penyuluhan secara langsung tentang fungsi dan manfaat
perpustakaan bagi kegiatan belajar siswa.
–
Melakukan kunjungan
rutin setiap minggunya untuk melihat kondisi dan banyaknya jumlah siswa yang
mengunjungi perpustakaan.
G. PERAN SISWA
Selain
peran dari sekolah dalam upaya penanggulangan minat baca siswa di perpustakaan.
Siswa juga harus mempunyai peran di dalamnya. Siswa diharapkan agar dapat
memberikan aspirasinya serta berbagai tindakan yang bernilai positif. Peran
yang haru siswa lakukan di antaranya:
–
Siswa harus memperhatikan
keberlangsungan perpustakaan dimasa mendatang.
–
Siswa ikut andil dalam
menjaga fasilitas demi kenyamanan bersama.
–
Siswa diupayakan untuk
aktif mencari materi penunjang di perpustakaan.
–
Siswa hendaknya lebih
peduli perihal keadaan perpustakaan yang semakin lama semakin berkurang
pengunjungnya.
BAB.
III PENUTUP
A. SIMPULAN
Seperti yang telah dijelaskan di atas
berbagai masalah yang menyebabkan kurangnya minat membaca para siswa. Maka
dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.
–
Penyebab dari kurangnya
minat baca siswa adalah kurangnya jumlah buku yang tersedia di perpustakaan
–
Buku yang tersedia di
perpustakaan kurng lengkap jadi siswa malas mencari materi penunjang di
perputakaan
–
Kenyamanan yang ada di
perpustakaan dirasakan masih kurang dari harapan siswa
–
Kurang aktifnya petugas
perpustakaan dalam perihal membuka perpustakaan sehingga menyebabkan kekecewaan
siswa.
B. SARAN
Setelah
ditemukan berbagai permasalahan di bab – bab sebelumnya dapat disarankan kepada
para siswa dan sekolah untuk
–
Sekolah hendaknya
menambah jumlah buku di perpustakaan yang lebih lengkap
–
Siswa harus ikut andil
dalam menjaga fasilitas perpustakaan
–
Petugas perpustakaan
hendaknya lebih aktif membuka perpustakaan
–
Agar siswa lebih
memahami fungsi dan manfaat perpustakaan bagi mereka
DAFTAR
PUSTAKA

Tidak ada komentar:
Posting Komentar